Senin, 21 Maret 2011

Mario Teguh Golden Ways 20 Februari 2011: Bimbang Not My Style

Sahabat Indonesia yang baik, berikut adalah resume Mario Teguh Golden Ways (MTGW) MetroTV edisi 20 Februari 2011, dengan episode Bimbang Not My Style. Banyak diantara kita sedang dalam persimpangan antara memilih dua hal yang baik. Terkadang pilihannya adalah mencintai dan dicintai.
Tetapi bahasan ini bukan hanya membahas cinta, tetapi membahas kualitas kita yang sebetulnya; karena kebimbangan dengan hal2 yang baik dalam hidup ini,  biasanya tidak bercampur dengan baik.
Marilah kita berkasih sayang kepada orang yang bimbang, karena orang yang bimbang ini adalah sedang tersiksa antara dua pilihan yang baik.
Kita juga harus mengerti kenapa orang itu bimbang:
- Ingin mencapai hasil yang terbaik.
- Adanya ketidak-tegasan.
Ketidak-tegasan itu dilatih mulai dari memutuskan sesuatu yang kecil, sampai tidak tegas memutuskan yang besar.
Ketegasan itu tidak pernah salah, karena kalau salah-pun itu masih lebih baik daripada tidak bertindak sama seklai.
Maka ambillah tindakan, karena kebimbangan itu lebih berbahaya daripada penundaan.
Kebimbangan itu karena dihadapkan pada dua pilihan yang sudah terpikirkan dengan baik. Contoh: rasa malas itu tidak akan pernah berpikir, yang ada dipikiran orang malas hanya tidak mau melakukan, sehingga bahayanya kecil karena yang ditunda memang betul2 tidak penting.
Tetapi orang yang mempertimbangkan dua pilihan yang baik, tetapi tidak bertindak, itu bahayanya besar sekali. Jadi bertindak walaupun salah, itu lebih baik daripada tidak bertindak.
Keberhasilan itu harus, sehingga orang yang diharuskan mencapai keberhasilan tadi, berarti gagal atau salahnya adalah hak.
Kalau kita diharuskan berhsil dan ada kemungkinan salah, berarti salah
itu hak. Berarti kebebasan terpenting dalam mencapi keberhsiln, berarti bebas untuk salah.
Banyak orang menakut-nakuti dirinya dengan kesalahan. Orang yang salah itu tidak rendah, orang yang paling salah itu orang yang tidak bertindak karena takut salah.
Kesalahan itu adalah sistem penempatan arah. Itu sebabnya kedamaian/ kedewsaan itu dicapai pada usia yang lebih lanjut.
Ada peribahasa mengatakan “You Will Be Fifty” , Kamu akan matang pada usia 50 tahun. Karena orang yang hidupnya belum kuat setelah 50 tahun, pasti ada kesalahan besar sebelum 50 tahun.
Kesalahannya rata2 bimbang, tidak mengijinkan dirinya melakukan sesuatu yang baik.
Dalam ilmu marketing  “Menjadi yang pertama, itu lebih penitng daripada menjadi yang lebih baik.”
Mencari pekerjaan itu bukan hanya masalah uang; orang yang mengatakan mencari pekerjaan hanya karena uang, orang seperti ini seumur hidupnya tidak akan pernah selesai mengenai masalah uang.
Karena mencari pekerjaan itu berkenan dengan urusan kepantasan dihargai tinggi.
Orang yang urusannya hanya mencari uang, tidak pernah memikirkan kepantasan kualitas dirinya.
Jadi bekerja bukan hanya mencari uang, tetapi menjadi pribadi yang pantas dihargai tinggi termasuk dibayar tinggi, diletakkan dikantor yang bagus, dengan kendaraan yang bagus, sarana rumah yang bagus, liburan cuti yang baik.
Kalau mau tegas jangan ada kepentingan lain kecuali kebaikan, orang bimbang yang kepentingannya mau tenar atau karena uang, akan salah pilih.
Orang bimbang kepentingannya harus kebaikan. Sehingga dia dalam memilih selalu memilih alternatif yang baik.
Bagi anda yang menyesali kesalahan masa lalu; berbahagialah kalau anda salah dulu dan tahu sekarang, karena anda bisa menjadi sehebat ini karena belajar dari kesalahan anda.
Maka segerlah lakukan; anda cepat tahu salah, supaya cepat tahu benar.
Kita tidak memastikan apapun, karena segala kepastian adalah milik Tuhan. Orang yang butuh segala sesuatu pasti, tidak butuh Tuhan.
Maka dekat-dekatlah kepada Tuhan, supaya anda menjadi pribadi yang dicintai, dan didahulukanNya; sehingga jika salah-pun dibetul-betulkan, sehingga tidak tahupun dibuat tahu.
Untuk itu ikhlashlah lakukan, jika pilihannya baik, anda tidak mungkin salah.
Ketegasan itu adalah keharusan hidup. Ketidak-tegasan dan penghormatan tidak bisa duduk ditempat yang sama.
Kalau seseorang didalam dirinya lebih banyak ketidak-tegasan, maka kehormatannya hilang.
Jadi jika ingin menjadi pribadi yang dihormati, maka berlakuklah tegas. Karena dalam hidup ini kita punya tugas kekhalifahan. Tugas kekhalifahan dalam hidup ini adalah memajukan yang baik dan mencegah terjadinya keburukan.
Seorang pemimpin keluarga atau organisasi harus tegas memilih yang baik bagi yang dipimpinnya, supaya dia bisa mengangkat kualitas kehidupan dari semua yang berada dalam tanggung jawabnya.
Lalu katakan “Orang lain bisa bimbang, but Bimbang is not my style”
Demikian resume singkat Mario Teguh Golden Ways, dengan topik “Bimbang Not My Style“, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi semuanya.
Mohon maaf atas segala kekurangan dalam teknik penulisan rangkuman ini. Jika didapati kekeliruan, suatu kebahagiaan bagi kami, jika sahabat meluangkan waktu untuk mengoreksinya.
Terimakasih Kepada Pak Mario Teguh atas ilmu-ilmu yang disampaikannya, semoga Tuhan memuliakan beliau dan keluarga. Amin.

1 komentar: