Minggu, 23 Februari 2014

9 Cara Menggunakan Facebook Untuk Keperluan Bisnis


http://catatanbangjay.blogspot.com/

Indonesia merupakan salah satu pengguna terbesar Facebook di dunia. Menurut data terakhir yang dikeluarkan berbagai lembaga riset, pengguna Facebook di Indonesia sudah hampir menembus 60 juta pengguna di awal tahun 2014. Jumlah ini tentunya jumlah yang sangat besar dan banyak potensi yang bisa kita gali dari Facebook.

Hal ini terbukti dengan banyaknya pebisnis dan pemasar yang mulai menggunakan Facebook untuk memaksimalkan strategi pemasarannnya. Strategi pemasaran melalui Facebook atau istilah lainnya adalah Facebook marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan harga terjangkau dan efektif jika kita mengerti cara memaksimalkannya.

Yuk simak beberapa tips memaksimalkan Facebook marketing untuk memaksimalkan kinerja bisnis kita :

1. Gunakan Facebook Fanspage Bukan Facebook Personal

 Langkah awal untuk menjalankan strategi pemasaran melalui Facebook adalah mengetahui karakteristik Facebook itu sendiri. Didalam Facebook terdapat Facebook personal dan fanspage. Untuk pemasaran via Facebook, gunakanlah fanspage bukan Facebook personal.
Mengapa Facebook fanspage? Hal ini dikarenakan Facebook personal terbatas hanya bisa menampung 5000 friends, lain halnya dengan Facebook fanspage, fanspage bisa menampung friends dalam bentuk like tidak terbatas, sehingga tidak aneh ada akun merek atau public figure di fanspage yang memiliki jumlah like mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

2. Buatlah Perencanaan Konten Facebook
Tips yang penting untuk memaksimalkan Facebook marketing adalah dengan membuat perencanaan konten. Konten yang terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan melalui Facebook. Beberapa contoh perencanaan konten tersebut bisa berisi kapan status akan dipublish serta isi statusnya.
Berikut ini beberapa status yang bisa dibuat untuk Facebook marketing, misalnya status update yang bermanfaat : Berisi tips, link artikel, kutipan, gambar yang menarik dan berbagai artikel bermanfaat. Kemudian status berisi produk-produk yang dijual ataupun status update tentang produk atau promo terbaru.

3. Gunakanlah Fitur Penjadwal Status Otomatis
Gunakan fitur yang disediakan Facebook, fitur ini adalah fitur penjadwal status secara otomatis. Kita bisa gunakan fitur update status terjadwal ini untuk memudahkan update status di Facebook saat kita sibuk. Fitur ini adalah fitur penjadwal otomatis yang berfungsi untuk memudahkan proses update status.

4. Fokuslah Untuk Memperbesar Like
Fokuslah untuk memperbesar like. Jumlah like adalah jumlah calon konsumen kita. Semakin besar jumlah like kita maka semakin besar calon pembeli kita. Buatlah target jumlah like yang ingin kita peroleh, kemudian jangan lupa lakukan monitoring, pastikan target yang kita buat dapat tercapai.

5. Gunakan Facebook Ads (Iklan Facebook) Kita bisa menggunakan fitur Facebook Ads dengan harga terjangkau untuk meningkatkan jumlah likes dari fanspage kita. Facebook Ads ini sangat berguna untuk mengiklankan produk kita ke target market yang tersegmen misal wanita/pria, usia tertentu, area tertentu, dll.

6. Lakukan Percakapan
Aktiflah membangun percakapan dengan fans kita, percakapan penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Jika ada pertanyaan, responlah maksimal 1x12 jam.
 

 7. Mulailah Untuk Jualan dengan Facebook
Untuk jualan, kita bisa menggunakan banner fanspage, status gambar. Pastikan jika ada promosi produk, gambar atau posternya harus jelas dan juga yang tidak boleh dilupakan adalah adanya info kontak informasi yang bisa dihubungi oleh calon pembeli.

8. Lakukan Facebook Marketing dengan Konsisten Hal yang penting dalam strategi pemasaran melalui social media Facebook ini adalah kita harus konsisten untuk update status. Berdasarkan riset mashable serta pengalaman kami menghandle klien, jumlah efektif update status adalah 4-6 status per hari.
Permasalahan yang kerap dialami oleh pebisnis pemula adalah seringnya tidak konsisten saat menjalani strategi Facebook marketing. Salah satu solusi yang bisa dilakukan agar kita konsisten menjalankan Facebook marketing adalah perlunya rekrutmen orang khusus atau tim yang nantinya akan bertanggung jawab menangani Facebook kita.

9. Lakukan Pengukuran Efektivitas (Measurement)
Hal yang tidak boleh dilupakan adalah perlunya melakukan pengukuran secara rutin, fitur pengukuran (measurement) ini dapat ditemukan di bagian kanan atas (view insight) dari tampilan fanspage kita. Pengukuran ini sangat penting untuk evaluasi, serta berperan untuk mengukur sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sudah kita lakukan melalui Facebook.

Beberapa pendekatan pengukuran yang perlu dilakukan adalah pengukuran jumlah pertumbuhan fans, jumlah jangkauan (reach), viral, efektivitas status, serta persebaran demografi misalnya gender (pria/wanita, usia, dan lokasi).

Credit Picture : www.techshu.com

0 komentar:

Posting Komentar